TUGAS I
MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
“Keterkaitan antara SIM &
Manajemen Layanan SI”
Dosen : Anna Fitria, ST
10114911 / 2KA13
Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Komputer &
Teknologi Informasi
Maret 2016
Keterkaitan antara SIM dan Manajemen
Layanan SI
Sistem
Informasi Manajemen (SIM) adalah sebuah sistem informasi yang dibutuhkan
suatu organisasi dengan pengolahan seluruh transaksi yang mendukung fungsi
manajemen dalam pengambilan keputusan. SIM meliputi metode dan upaya yang
terorganisasi dalam melaksanakan fungsi pengambilan data baik dari dalam atau
dari luar organisasi dan mempergunakan komputer dalam prosesnya untuk
menghasilkan informasi terupdate dan tepat.
Sistem Informasi ( SI )
Sistem
Informasi adalah sebuah fakta, kejadian, statistik, maupun bentuk data lainnya
yang bisa diilhami serta memiliki arti sehingga bisa berguna bagi pihak yang
bersangkutan guna keperluan - keperluan tertentu. Tapi, data pada umumnya harus
diolah terlebih dahulu hingga menjadi informasi yang bisa lebih gampang dipahami
oleh kita.
Teknologi Informasi ( TI )
Selanjutnya adalah Teknologi Informasi (TI). Seperti yang
sudah kita ketahui bahwa TI adalah sekumpulan teknologi berbasis komputer yang
digunakan oleh umat manusia untuk bekerja dengan informasi dan mensupport
pemenuhan kebutuhan informasi dan pemrosesan informasi sebuah organisasi. Bisa
disederhanakan sebagai berbagai macam teknologi yang membantu pengumpulan,
penyimpanan, pemrosesan , serta komunikasi dan penyebaran informasi dalam
sebuah organisasi.
Perkembangan Sistem Informasi
Manajemen
Pada awal
sejarah perkembangan komputerisasi informasi, komputer belum mempunyai program
yang berjalan secara otomatis, melainkan hanya menjalankan perintah yang
dimasukkan secara manual ke dalam suatu komputer. Setelah tahun 2000'an, Sistem
Informasi Manajemen mulai berkembang sebagai satu sistem yang terintegrasi pada
berbagai induk perusahaan dan cabangnya. Sistem tersebut dibentuk dalam sistem
informasi berbasis komputer.
SIM sendiri
mempunyai elemen fisik yang dibutuhkan untuk kelancaran sistem yang digunakan,
yaitu perangkat keras komputer, perangkat lunak komputer, perangkat lunak
sistem umum, perangkat lunak terapan umum, serta program aplikasi. Selanjutnya,
dalam SIM terdapat database dan prosedur pelaksanaan sistem manajemen
perusahaan dan tentunya petugas yang menjalankan semua sistem tersebut.
Manfaat Sistem Informasi Manajemen
Agar informasi
yang dihasilkan dapat bermanfaat bagi manajemen, maka analis sistem harus
mengetahui kebutuhan informasi yang dibutuhkan, yaitu dengan mengetahui
kegiatan-kegiatan untuk masing-masing level manajemen dan tipe keputusan yang
diambilnya. Maka, tujuan dibentuknya SIM itu agar organisasi memiliki informasi
yang bermanfaat dalam pembuatan keputusan manajemen, baik menyangkut keputusan
rutin maupun keputusan yang strategis.
Manajemen Layanan SI / TI
Manajemen
Layanan TI mengacu pada pelaksanaan dan pengelolaan kualitas layanan TI yang
melayani kebutuhan bisnis. Layanan manajemen TI dilakukan oleh penyedia layanan
TI melalui kombinasi yang tepat dari teknologi, manusia, proses, dan informasi.
Persaingan
bisnis saat ini sudah semakin maju dengan pesat. Masing-masing penyedia layanan
bersaing untuk memeberikan layanan yang terbaik agar diminati oleh banyak
pelanggan, Kemajuan tersebut didukung dengan adanya teknologi informasi / IT
yang turut berkembang pesat di era teknologi. Perkembangan teknologi ini
semakin hari semakin kompleks yang memungkinkan segala sesuatu menjadi lebih
cepat dan terangkau hingga menyebabkan pelanggan juga memuliki hak atas
permintaan yang lebih beragam. Keadaan ini membuat perusahaan memerlukan pendekatan
yang lebih fleksibel untuk integrasi antara layanan TI dengan layanan
konvensional perusahaan agar dapat bersaing degan perusahaan lainnya yang
serupa.
Integrasi
yang melibatkan layanan TI dengan layanan konvensional serta semua sumber daya
manusia tentunya akan membuat informasi yang dihasilkan juga semakin banyak dan
kompleks. Informasi-informasi ini dapat digunakan oleh perusahaan sebagai
sumber pengambilan keputusan atas pengembangan bisnis yang dijalankan. Namun,
tidak menutup kemungkinan bahwa informasi yang sudah tersimpan rapi menggunakan
teknologi informasi seringkali hilang atau jatuh ke tangan yang tidak mmiliki
hak semestinya. Oleh karena itu, dibutuhkan pengawasan dan pengontrolan
terhadap informasi-informasi yang tersimpan.
Perusahaan
yang berfokus pada kepuasan pelanggan dengan menerapkan bantuan teknlogi dalam
bisnisnya tentunya akan menghitung ulang biaya yang harus dikeluarkan. Karena
penerapan TI juga akan mengeluarkan biaya yang cukup besar. Bagi perusahaan yang
kurang atau bahkan tidak bisa mengolah biaya perusahaan akan mengalami
kesulitan bahkan kebangkrutan. Untuk itu, dibutuhkan adanya kontrol atas
manajemen layanan terutama manajemen TI atau IT Service Management dan juga
pengamanan data untuk kontrol atas informasi yang ada pada manajemen informasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar